Home » » Cara Uninstall Eclipse di Ubuntu

Cara Uninstall Eclipse di Ubuntu

Posted by Soni Setiawan on Wednesday 4 November 2015

Cara Uninstall Eclipse di Ubuntu - Pertama kali menggunakan eclipse di ubuntu adalah saat saya mengikuti mata kuliah program aplikasi mobile. Saya menginstall eclipse tentu saja agar bisa mengikuti materi yang diajarkan di kampus dan bisa saya coba sewaktu pulang menggunakan aplikasi ini. Eclipse digunakan untuk memprogram aplikasi android, yang mana pada dasarnya menggunakan bahasa pemrograman Java.

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:

  • Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
  • Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
  • Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.

Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in. - Wikipedia

Nah, bagi temen-temen yang ingin meng-uninstall eclipse di ubuntu dapat mengikuti cara-cara dibawah ini. Untuk proses uninstall, terbagi menjadi dua macam. Hal ini berkaitan dengan cara sewaktu proses instalasinya.

Jika temen-temen meng-install secara manual gunakan perintah :

rm -r /opt/eclipse/

sedangkan jika menggunakan perintah apt saat instalasi, gunakan perintah ini untuk meng-uninstall :

sudo apt-get autoremove eclipse


Nah, itulah cara uninstall eclipse di ubuntu. Saya sudah mencobanya dan berhasil.

Referensi:

http://askubuntu.com/questions/556089/removing-and-updating-eclipse (Diakses pada 04 November 2015 pukul 22.24 WIB)

https://id.wikipedia.org/wiki/Eclipse_%28perangkat_lunak%29 (Diakses pada 04 November 2015 pukul 22.00 WIB)

Terima kasih sudah membaca. Salam, Soni Setiawan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment