Home » » Cara Ekstrak File .Rar di Linux

Cara Ekstrak File .Rar di Linux

Posted by Soni Setiawan on Thursday 19 November 2015

Cara Ekstrak File .Rar di Linux - Kebutuhan akan kompresi data menjadikan pengguna komputer merasa terbantu, terlebih dengan banyaknya file-file yang ada di komputer menjadikan arsip menjadi sesuatu yang penting. Adanya pengarsipan yang baik tentu akan mempermudah pengguna komputer dalam pengelolaan dokumen sehingga lebih mudah ketika dicarai maupun agar tertata rapi.

Berbagai jenis format penyimpanan berupa arsip dapat dijumpai ketika menggunakan komputer. Sebagai contoh, file dengan ekstensi .rar, .zip, .tar.gz dan lain-lainya. Adapun cara untuk mengekstrak file dengan ekstensi terkait juga berbeda-beda. Namun, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara ekstrak file .rar di linux terutama ubuntu menggunakan aplikasi tambahan.

Perlu diketahui bahwa untuk proses ekstrak file berekstensi .rar sedikit berbeda jika dibandingkan ketika menggunakan OS Windows. Pada windows, program yang biasa digunakan untuk ekstrak file terutama berekstensi .rar adalah WinRar. Maka ketika menggunakan os Linux, WinRar tidak akan bisa berjalan kecuali dengan bantuan aplikasi yang disebut dengan Wine. Wine merupakan sebuah aplikasi yang digunakan sebagai 'translator' program aplikasi Windows sehingga dapat berjalan di Linux. Namun, ada cara lain yang lebih mudah ketimbang harus instal Wine lalu baru instal WinRar.

Di Linux sudah tersedia program untuk menangani permasalahan ektraksi file dengan ekstensi .rar. Salah satu yang dapat digunakan adalah unrar. Untuk mengintall unrar lakukan perintah dibawah ini.

Cara Instal unrar
Gambar 1. Cara Instal unrar
Adapun cara untuk menggunakan unrar adalah sebagai berikut.

Untuk mengekstrak file.rar file ke direktori dimana file tersebut diletakkan, masukkan:

$ unrar e file.rar

Nah, itu dia cara untuk ekstrak file.rar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Referensi:

http://www.cyberciti.biz/faq/open-rar-file-or-extract-rar-files-under-linux-or-unix/ (diakses pada 19 November 2015 pukul 22.09 WIB)

Terima kasih sudah membaca. Salam, Soni Setiawan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment