Home » » [SOLVED] etc/apache2/conf-enabled/owncloud.conf

[SOLVED] etc/apache2/conf-enabled/owncloud.conf

Posted by Soni Setiawan on Saturday 12 December 2015

[SOLVED] Could not open configuration file /etc/apache2/conf-enabled/owncloud.conf: No such file or directory - Selamat pagi, semoga segala aktivitas yang dilakukan dapat lancar dan diberi kemudahan. Pada kesempatan yang baik ini, saya sedikit berbagi informasi mengenai troubleshooting yang dilakukan ketika menemui sebuah error. Di mana error kali ini berkaitan dengan salah satu service dalam web server, yaitu apache2.

Pesan error muncul ketika saya mencoba menjalankan perintah sudo /etc/init.d/apache2 start

Berikut pesan error ketika saya menjalankan perintah tersebut.

apache2: Syntax error on line 216 of /etc/apache2/apache2.conf: Could not open configuration file /etc/apache2/conf-enabled/owncloud.conf: No such file or directory
Action 'configtest' failed.

Setelah proses pencarian menggunakan google, ternyata masalah yang menyebabkan hal ini terjadi adalah sebelumnya saya telah menginstall Owncloud namun saat proses uninstall owncloud belum secara menyeluruh. Dalam arti, directory owncloud masih ada yang tersisa sehingga harus dihapus terlebih dahulu.

Untuk uninstall Owncloud lakukan perintah di bawah ini:

sudo apt-get purge owncloud
sudo rm -rf /var/www/owncloud
sudo /etc/apache2/conf-enabled/owncloud.conf

Setelah directory owncloud sudah dihapus, saya coba jalankan kembali service apache2 dan berhasil.

Terima kasih sudah membaca. Salam, Soni Setiawan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment